Jenis TikTok Ads Untuk Maksimalkan Marketing Lewat TikTok

Bmkgbandung.id – Jenis TikTok Ads hadir dalam beberapa jenis yang dapat dipilih untuk mengiklankan suatu akun atau konten dari suatu akun. Sebelum kita membahasnya, terlebih dahulu kita akan membahas TikTok Ads itu sendiri.

Jadi, apa sih yang dimaksud dengan TikTok Ads?

TikTok Ads merupakan suatu fitur iklan yang disediakan oleh TikTok manajemen dalam mengembangkan suatu akun, atau bisnis secara digital lewat sosial media TikTok. Mengenai jenisnya apa saja bisa Anda simak dalam ulasan berikut!

Jenis TikTok Ads Untuk Marketing Di TikTok

Jenis TikTok Ads Untuk Marketing Di TikTok

Adapun untuk jenis – jenisnya adalah sebagai berikut ini yah, silahkan cek dibawah ini supaya kalian bisa mendapatkan informasi yang sangat jelas.

1. In feed video

In feed video merupakan jenis iklan pada TikTok yang biasanya muncul di FYP user atau pengguna setelah mereka melakukan beberapa kali scroll.

Konten iklan jenis ini sengaja dimunculkan berbarengan dengan konten yang discroll di beranda tujuannya agar terlihat dan berbaur dengan konten – konten video TikTok lain yang discroll tadi. Iklan yang tayang dengan model in feed video biasanya akan mudah mendapatkan like dari user atau pengguna.

2. Brand takeover

Jenis iklan yang satu ini seringkali muncul ketika user baru saja membuka aplikasi dengan durasi kemunculan iklan sekitar 3 – 5 detik saja. Ketika iklan dengan jenis brand takeover ini muncul, pengguna bisa memilih menonton sampai habis atau skip iklan.

Karena itu dianjurkan agar Anda yang ingin menayangkan iklan di TikTok dengan jenis TikTok Ads brand takeover, maka Anda harus membuat video singkat dan menarik sejak detik pertama. Buat user penasaran dengan iklan yang ditayangkan di detik pertama video iklan yang ditayangkan. Dengan begitu iklan tidak akan diskip dan bisa ditonton sampai selesai.

3. Hashtag challenge

Hashtag challenge merupakan suatu tantangan yang diberikan pada setiap pengguna untuk membuat suatu video dengan tema – tema tertentu. Jenis iklan ini juga biasanya ditampilkan pada posisi paling atas ketika pengguna mencari hashtag pada halaman discovery.

Melalui jenis iklan ini, artinya Anda memberikan tantangan kepada content creator di TikTok supaya membuat suatu video TikTok dengan tema yang sudah ditentukan penayang. Content creator nantinya membuat suatu konten dengan menyisipkan hashtag sesuai hashtag challenge yang ditentukan tadi.

Ketika ada video konten hashtag challenge yang diunggah content creator viral, maka produk Anda akan terekspose semakin banyak termasuk juga dengan iklan hashtag challenge Anda.

4. Top view ads

Jenis iklan top view ads merupakan iklan yang dapat dilihat pengguna pada bagian paling atas feeds akun. Itu artinya bahwa iklan yang ditayangkan penayang akan menjadi video pertama yang dilihat pengguna ketika halaman feed TikTok mereka dibuka.

Top view ads sendiri termasuk sebuah ads atau iklan yang sangat cocok dipakai untuk meningkatkan brand awareness suatu bisnis atau akun bisnis. Durasi iklan top view ads juga cenderung lebih lama sehingga informasi yang lebih kompleks juga bisa disematkan pada iklan yang ditayangkan tersebut.

Namun kembali lagi, karena durasi iklannya lebih lama maka cara penyampaian informasinya lewat iklan juga harus diperhatikan agar dibuat semenarik mungkin.

5. Branded augmented reality atau AR

Branded augmented reality atau AR merupakan jenis iklan di TikTok yang menggunakan filter atau stiker. Penayang dapat mendesain filter atau stiker sendiri sebagai upaya menarik untuk mempromosikan akun bisnis, brand, atau produknya.

Jika banyak pengguna TikTok yang menggunakan stiker atau filter yang Anda buat, maka hal tersebut dapat menjadi suatu langkah promosi gratis untuk meningkatkan brand awareness Anda. Penerapan promosi dari akun ke akun lain bisa terjadi secara signifikan jika banyak pengguna yang menggunakan filter atau stiker tersebut. Jadi, pastikan membuat filter atau stiker yang menarik dan menghibur.

Menggunakan TikTok Ads untuk bisnis atau pengembangan suatu akun memberikan berbagai macam manfaat. Apa sajakah manfaat yang dimaksud?

Manfaat TikTok Ads

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan atau ditemukan dari TikTok Ads di antaranya :

  1. Dapat memaksimalkan pemasaran produk secara digital
  2. Membantu akun berkembang secara lebih baik dengan konten video yang dipromosikan secara lebih luas
  3. Karena TikTok memiliki banyak pengguna dari berbagai penjuru daerah dan bahkan dunia, maka potensi orang yang melihat tayangan atau brand dan produk yang dipromosikan semakin besar dan luas.
  4. TikTok Ads dapat disegmentasikan sesuai target market yang diinginkan
  5. TikTok Ads dapat diatur waktu penayangannya dan jadwal penayangannya serta menjadi sebuah solusi marketing digital yang dapat disesuaikan dengan budget penayang.
  6. Dan masih banyak lagi manfaat TikTok Ads lainnya.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait jenis – jenis TikTok Ads yang bisa dipilih untuk memaksimalkan marketing lewat sosial media TikTok. Jadi, Anda yang ingin memarketingkan suatu brand lewat sosial media TikTok bisa pertimbangkan memilih satu dari beberapa jenis TikTok Ads yang kami sampaikan.

Leave a Comment