Bmkgbandung.id – Cara pasang iklan di TikTok Ads merupakan suatu langkah yang banyak dipilih di era digital saat ini untuk memaksimalkan informasi tentang suatu produk, atau bahkan akun. Cukup mudah kok cara yang bisa dilakukan untuk mulai memasang iklan di TikTok Ads. Seperti apa caranya?
Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkap dan menariknya untuk Anda terkait cara pasang iklan di TikTok Ads yang tepat dan mudah, jadi simak ulasan berikut ya!
Cara Pasang Iklan di TikTok Ads Untuk Seller dan Konten Kreator Mudah
Untuk memasang iklan lewat TikTok Ads, ada dua cara yang bisa dicoba. Cara pertama, membutuhkan budget besar untuk mulai pemasangan, sementara cara kedua bisa dimulai dengan budget 15 ribu rupiah saja.
Jadi, Anda bisa sesuaikan pemasangan iklan di TikTok Ads sesuai kebutuhan dan kepemilikan budget Anda. Adapun kedua cara untuk memasang iklan di TikTok Ads tersebut sebagai berikut :
Cara pasang iklan pertama
Pastikan siapkan dulu budget 500 ribu rupiah untuk memulai pengiklanan dengan cara pertama ini. Kalau sudah, ikuti step by step berikut :
- Buat akun TikTok Ads dengan akun TikTok Anda. Masuk ke platform seperti gambar berikut,
- Masuk ke dashboard, di sana Anda akan menemukan beragam menu.
- Masuk ke menu campaign. Anda bisa memilih campaign yang simpel (simplified mode) atau campaign yang dicustomisasi (custom mode).
- Tujuan iklan juga perlu dipilih. Terdapat setidaknya lima pilihan yang disediakan oleh TikTok sebagai tujuan iklan yang dapat dipilih yaitu Reach (jangkauan), Traffic (lalu lintas kunjungan visitor), Apps Installs (instalasi aplikasi), Video Views (kunjungan atau tayangan video), conversions (sesuatu yang menyuruh audiens atau target audiens melakukan suatu perintah). Pilih salah satu tujuan iklan yang Anda butuhkan.
- Tentukan penempatan iklan dan target market yang akan dijangkau dari konten yang ditayangkan agar relevan. Pada bagian ini, Anda juga bisa sekaligus menentukan audiens atau target market Anda sendiri mulai dari domisili, minat, jenis kelamin, sampai dengan jenis gawai yang digunakan.
- Pada bagian ini, anggaran sudah Anda perlukan. Minimal Anda harus menyiapkan anggaran sekitar 500 ribu rupiah satu hari. Anda juga dapat memilih angka kenaikan iklan kapan pun Anda butuhkan. Anda juga dapat menentukan berapa hari iklan tersebut ditayangkan.
- Perhatikan gambar berikut, Jika iklan ditayangkan sepanjang hari, Anda bisa pilih Allday. Sementara jika iklan akan ditayangkan di hari – hari tertentu, pilih Select specific time. Nantinya akan muncul hari yang bisa dipilih untuk menayangkan iklan.
- Iklan pun berhasil tayang dan bisa dinikmati untuk mendistribusikan konten dengan paid advertising secara lebih baik.
Cara pasang iklan kedua
Selain cara pertama di atas, juga ada cara kedua yang bisa dipilih untuk melakukan pemasangan iklan. Menariknya lagi, tidak seperti cara pertama yang butuh modal besar, cara kedua tidak butuh modal besar.
Modal yang diperlukan untuk beriklan hanya mulai dari Rp 15.000,00 saja untuk satu kali iklan. Jadi Anda bisa menanyakan pada diri Anda sendiri berapa hari kebutuhan iklan Anda? Jadi cek budget dan mulai sesuaikan.
Untuk menerapkan cara pasang iklan di TikTok Ads lewat cara ini, langkah – langkahnya sebagai berikut :
- Buka profil TikTok Anda di aplikasi
- Masuk ke alat kreator
- Pilih promosi
- Klik semua video yang dapat dipromosikan
- Pilih video yang akan Anda promosikan
- Klik pada bagian promosi. Akan muncul tampilan seperti gambar berikut,
- Tentukan target iklan Anda. Pada bagian ini, pilihan targetnya berbeda. Jika pada cara pertama dengan budget besar, Anda akan diberikan 5 pilihan dalam penentuan target, maka pada cara dengan budget yang lebih murah ini, Anda hanya diberikan sebanyak 3 (tiga) pilihan target iklan. Ketiga target iklan yang dapat dipilih tersebut di antaranya lebih banyak tayangan video, lebih banyak kunjungan situs web, atau lebih banyak pengikut.
- Jika sudah, tentukan penonton. Anda dapat meminta TikTok untuk memilihkan penonton sendiri atau mengatur pilihan penontonnya secara manual dengan beberapa pilihan pendekatan yaitu jenis kelamin, lokasi, usia, dan minat.
- Sesuaikan anggaran serta durasi untuk mulai menayangkan iklan Anda.
- Lakukan pembayaran
- Iklan akan segera diproses.
Jadi, dari dua pilihan cara pasang iklan di TikTok Ads yang kami bagikan di atas, mana cara yang tepat dan Anda inginkan?
Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait metode dan cara pasang iklan di TikTok Ads. Anda bisa pilih pemasangan iklan sesuai budget dan kebutuhan Anda, selamat mencoba dan semoga melalui TikTok Ads akun Anda lebih banyak mendapatkan exposure.