Bmkgbandung.id – Bagi konten kreator, pebisnis, atau UMKM yang memasarkan produknya lewat sosial media berbasis video yakni TikTok, target utama yang biasanya mereka cari selain pengikut adalah FYP (For Your Page). Agar FYP konten yang diunggah harus viral. Karena itu informasi cara konten TikTok FYP pastinya dicari.
Seperti apa mekanisme, cara dan trik yang bisa dilakukan supaya konten yang diunggah di TikTok bisa masuk FYP? Di sini kita akan membahasnya bersama, jadi cek terus informasinya yuk!
Cara Konten TikTok FYP Untuk Pemula Yang Ampuh Untuk Digunakan
Silahkan kalian gunakan langkah – langkah yang sudah kami berikan di kesempatan kali ini yah.
1. Produksi konten yang menarik
Untuk memproduksi konten yang menarik, pastikan konten Anda membuat orang penasaran khususnya di 2 detik pertama karena 2 detik itu adalah waktu yang sangat krusial untuk pengunjung TikTok menonton atau scroll mengabaikan konten Anda.
Kualitas video juga harus Anda pastikan dalam kondisi bagus. Hindari mengunggah video yang tidak jelas, atau blur. Tingkat kecerahan video juga harus diperhatikan.
2. Tambahkan tulisan di video
Salah satu cara SEO video pada TikTok agar bisa FYP adalah dengan menambahkan tulisan pada video yang dibagikan. Tulisan tersebut bisa menjelaskan isi video, sound video, tema atau judul video, atau apapun yang berkaitan dengan video yang diunggah.
3. Gunakan lagu yang sedang tren
Kejar FYP TikTok dengan memproduksi video yang backsoundnya menggunakan lagu – lagu yang sedang tren. Anda harus rajin mencari audio – audio yang tren dan memastikan memproduksi konten video dengan menggunuakan lagu atau audio trending tersebut.
4. Berkolaborasi
Kolaborasi adalah suatu teknik mentransfer followers dan viewers dari suatu akun ke akun lain yang tergabung ke dalam kolaborasi tersebut. Dengan cara ini dua pihak yang berkolaborasi akan sama – sama diuntungkan.
5. Tulis caption semenarik mungkin
Caption yang menarik merupakan suatu cara konten tiktok FYP yang juga bisa dicoba. Tulis caption secara jelas, singkat, padat tapi memiliki isi yang jelas supaya pesan dapat tersampaikan secara mudah dan diterima oleh penonton sesuai target market Anda.
Caption juga dapat dibuat dengan isi yang menjelaskan apa yang Anda tunjukkan atau pertontonkan di dalam video yang diunggah.
6. Gunakan hashtag atau tagar dengan tepat
Tagar atau hashtag juga perlu diperhatikan. Tagar atau hashtag juga dapat mempermudah Anda supaya penonton dapat menemukan konten yang dicari atau sedang Anda unggah.
Sama halnya dengan caption yang perlu relevan, tagar atau hashtag juga harus dibuat relevan. Tak perlu membuat tagar #fyp dan sejenisnya karena tagar tersebut belum tentu relevan dengan konten Anda. Jika memang ingin menggunakan tagar tersebut tak masalah, tapi pastikan Anda juga menggunakan tagar – tagar lain yang lebih relevan.
Tagar – tagar yang trending juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai ide tagar pada konten yang Anda unggah.
7. Bangun interaksi dengan followers atau viewers
Cara membangun interaksi secara online dengan followers atau viewers seperti apa? Ada beberapa cara atau metode yang bisa dilakukan atau dipilih untuk mulai membangun interaksi dengan viewers atau followers.
Beberapa di antaranya adalah dengan membalas komentar di postingan, membalas beberapa DM meski tidak semuanya, dan caption yang dituliskan juga bagian dari cara kita memulai interaksi dengan viewers atau followers.
8. Ketahui jam prime time dan unggah konten ketika prime time
Hal yang penting untuk Anda perhatikan juga adalah memastikan jam prime time. Anda perlu tahu bahwa konsep jam prime time yang selama ini banyak kita tahu yakni di pukul 12.00 – 13.00, 16.00 – 17.00, dan 19.00 – 23.00 memang benar tapi tidak sepenuhnya benar. Mengapa?
Anda perlu tahu bahwa setiap akun memiliki peminatnya sendiri dan karena setiap akun memiliki peminatnya sendiri, jam prime time setiap akun pun berbeda – beda. Jadi coba cek analitik dari akun Anda untuk mengetahui pukul berapa orang banyak menonton tayangan atau konten yang diunggah.
Jika tidak menemukan informasi tersebut, coba lakukan trial and error pada akun Anda. Unggah konten di jam – jam tertentu yang berbeda dan mulai analisis jam prime time untuk akun Anda dari unggahan tersebut. Selamat mencoba!
9. Kuantitas bukan patokan utama
Kuantitas dari konten yang diunggah pada dasarnya tidak termasuk ke dalam faktor untuk menjadikan unggahan bisa FYP. Anda tak perlu terus menerus membuat konten hanya karena merasa harus secara rutin menyajikan sesuatu kepada followers.
Anda lebih dianjurkan untuk berfokus pada kualitas konten yang Anda buat dengan memperhatikan suatu tren sebagaimana yang kami sudah ulas pada bagian sebelumnya.
Tapi memang harus diakui semakin sering Anda membuat konten maka akan semakin baik karena artinya potensi halaman akun Anda dikunjungi akan semakin besar juga.
Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait seperti apa cara konten TikTok FYP yang bisa dicoba pemula. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat menjadi informasi yang inspiratif serta membawa manfaat untuk Anda yang membaca.