Cara Buat Spark Ads Tiktok Dalam 5 Langkah Pelajari Gratis!

Bmkgbandung.id – TikTok Spark Ads merupakan sebuah jenis iklan TikTok yang materi penayangannya diambil dari akun TikTok organik pengiklannya. Jadi ketika iklan ini terpasang, username yang ditampilkan akan menampilkan username toko kita secara otomatis. Lantas, cara buat Spark Ads TikTok seperti apa?

Ada beberapa langkah yang bisa dimanfaatkan untuk mulai membuat TikTok Spark Ads bagi pengiklan atau penayang. Seperti apa tata cara memulainya?

Cara Buat Spark Ads TikTok Dalam 5 Langkah

Cara Buat Spark Ads TikTok Dalam 5 Langkah

Membuat dan menayangkan Spark Ads TikTok atau TikTok Spark Ads cukup mudah. Anda bisa mengupayakan sampai iklan tersebut tayang hanya dalam 5 langkah saja. Berikut tata cara buat Spark Ads TikTok dalam 5 langkah yang perlu Anda tahu :

Langkah 1 : mulai aktivasi otorisasi iklan

Mulai lakukan aktivasi otorisasi iklan dengan cara :

  • Mengetuk pada bagian ‘Saya’ untuk membuka profil pribadi Anda
  • Ketuk titik tiga yang terdapat di bagian pojok kanan sebelah atas.
  • Masuk ke halaman pengaturan dan privasi, ketuk ‘Privasi’ kemudian aktifkan pada bagian tombol Otorisasi Iklan.

Langkah 2 : otorisasi video untuk mulai promosi

Mulai otorisasi video yang akan diiklankan atau ditayangkan pada Spark Ads. Anda memiliki kebebasan untuk memilih video apa pun atau video mana saja yang akan diotorisasi melalui Spark Ads.

Untuk mulai mengotorisasi video, lakukan cara ini :

  • Pilih salah satu postingan TikTok yang akan diotorisasi pada halaman akun Anda
  • Ketuk titik tiga di pojok atas kemudian klik pengaturan iklan
  • Setujui pada Ketentuan Layanan Periklanan, dan langkah ke-dua selesai.

Langkah 3 : hasilkan kode video

Menghasilkan kode video merupakan suatu tindakan yang dipilih untuk memilih jangka waktu berapa lama iklan akan berjalan. Ada beberapa tahapan yang diperlukan untuk melakukannya meliputi :

  • Buka pengaturan posting iklan
  • Klik dan ketuk hasilkan kode
  • Pilih jangka waktu berapa lama iklan akan berjalan. Adapun jangka waktu paling cepat adalah 7 hari dan jangka waktu paling lama adalah 60 hari. Pilih sesuai budget dan kebutuhan pengiklan.

Langkah 4 : input video code pada manajer iklan TikTok

Setelah kode video didapatkan, Anda perlu pergi ke manajer iklan TikTok untuk mulai mendaftar iklan. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Buka tab materi iklan untuk mulai mendaftar iklan Sparks
  • Klik tombol Terapkan untuk Otorisasi
  • Tempelkan kode video pada bilah pencarian dan klik cari
  • Tinjau postingan dan klik konfirmasi
  • Selesai

Langkah 5 : publikasikan iklan TikTok Spark

Setelah Anda menginput kode video pada Manajer Iklan TikTok, Anda dapat melanjutkan dan mulai membuat Iklan Spark. Cara mempublikasikannya sebagai berikut :

  • Buka pada bagian Manajer Iklan TikTok untuk mulai berkampanye dan siapkan Grup Iklan
  • Pilih format Iklan Spark
  • Cari unggahan materi iklan untuk memilih postingan dari perpustakaan Anda.
  • Pilih postingan resmi dan mulai sesuaikan pembuatan iklan
  • Klik Kirim

Melalui penayangan iklan Spark, Anda akan lebih mudah menemukan audiens yang cocok dengan konten yang diiklankan. Jika Anda ingin konten cepat FYP dan memaksimalkan kunjungan pada halaman TikTok, maka memahami cara buat Spark Ads TikTok sampai penayangannya perlu dipahami dan dilakukan.

Perbedaan TikTok Ads Biasa dan TikTok Spark Ads

Perbedaan TikTok Ads Biasa dan TikTok Spark Ads

Jika Anda sudah terbiasa dengan TikTok Ads biasa dan tertarik untuk mulai membuat TikTok Spark Ads, ada beberapa hal penting yang mungkin akan semakin meyakinkan Anda untuk mulai menggunakan TikTok Spark Ads.

Beberapa hal yang menjadi pembeda antara TikTok Ads dan TikTok Spark Ads di antaranya :

  1. TikTok Spark Ads akan menyambung dengan akun TikTok organik, sementara akun TikTok Ads tidak melainkan berdiri sendiri. Karena itu jika pengguna atau penayang ingin menayangkan iklan lewat TikTok Ads maka perlu membuat akun username baru.
  2. Materi TikTok Spark Ads diambil dari materi yang ada pada akun organik kita, sementara TikTok Ads tidak demikian.
  3. Pada TikTok Spark Ads, ketika iklan yang tayang diklik oleh target iklan maka target iklan tersebut akan diarahkan langsung ke profil akun organik kita. Sementara pada TikTok Ads biasa, ketika ada target iklan yang klik tayangan atau iklan mereka akan diarahkan langsung ke Landing Page. Dengan demikian kalau TikTok Spark Ads tidak harus membuat Landing Page, maka TikTok Ads butuh Landing Page.
  4. Tayangan iklan yang ditayangkan lewat TikTok Spark Ads bisa FYP setelah diiklankan, sementara kalau TikTok Ads biasa cara kerjanya tidak demikian.

Itulah sedikit informasi yang kali ini dapat kami bagikan untuk Anda terkait bagaimana cara buat Spark Ads TikTok. Selamat mencoba tutorial di atas dan semoga informasi yang kami sajikan dapat dipahami.

Leave a Comment