Cara Bayar TikTok Ads Untuk Seller dan Konten Kreator Pemula

Bmkgbandung.id – Bagi seller atau konten kreator pemula yang ingin memaksimalkan pendistribusian konten di sosial media trending TikTok, ikut dalam program TikTok Ads sangat dianjurkan. Selain cara bayar TikTok Ads yang mudah, manfaat yang bisa diterima juga lebih banyak.

Salah satunya adalah kemudahan untuk konten yang diposting bisa FYP dan reach penonton lebih banyak. Bagi Anda yang tertarik untuk ikut dalam program Ads TikTok dan mau tahu cara bayarnya seperti apa, bisa cek informasi berikut!

Cara Bayar TikTok Ads Dengan Mudah

Cara Bayar TikTok Ads Dengan Mudah

TikTok sejatinya sudah memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menayangkan iklan dan sekaligus melakukan pembayaran iklan yang ditayangkan tersebut. Hanya saja, ada beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi pengguna.

Apa saja ketentuan yang dimaksud?

Beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dan dipahami sehubungan dengan cara bayar TikTok Ads di antaranya :

1. Bersedia berkomunikasi dengan pihak platform melalui jalur elektronik

Fasilitas elektronik fitur berbagi pesan di TikTok akan menjadi fasilitas yang dimanfaatkan pihak TikTok dan pengguna yang akan beriklan dalam berkomunikasi terkait penayangan iklan yang diinginkan.

Jadi jika Anda ingin menayangkan iklan sebelum diarahkan ke proses pemasangan iklan dan cara bayar TikTok Ads, Anda akan melalui proses persetujuan terlebih dahulu bersama pihak TikTok.

2. Bersedia menerima hal berikut,

Beberapa poin penting yang harus dipahami dan diterima juga bagi pengguna yang akan menayangkan konten yang diiklankannya sebagai berikut :

  • Menyatakan dirinya siap dan menerima layanan yang diberikan dengan mendaftarkan konten atau bisnisnya untuk diiklankan di platform. Pastikan sudah mempelajari semua hal dan klik tombol Submit untuk memulai.
  • Bersedia melakukan pembayaran dengan total nilai biaya yang sudah diinformasikan oleh pihak TikTok.
  • Kesalahan penjumlahan transaksi atau nilai transaksi karena ketidaktelitian oleh pengguna atas paket iklan yang dipilih menjadi tanggung jawab pribadi pengguna bukan menjadi tanggung jawab platform.
  • Pengguna bersedia dengan aturan platform memegang diskresi penuh dalam pembebanan biaya tambahan atas transaksi yang dilakukan.

3. Memahami dan memenuhi aturan ketentuan pajak yang dibebankan

Setiap negara memiliki aturan pajak yang berbeda atas transaksi yang dilakukan. Karena TikTok masuk ke Indonesia dan digunakan warga Indonesia ,maka aturan pajak Indonesia juga mengikat pengguna TikTok di Indonesia yang akan menayangkan iklan melalui platform ini.

Pajak dibebankan berdasarkan PPN PMSE (Pajak Pertambahan Nilai atas Perdagangan Melalui Sistem Elektronik) dengan persentase sebesar 10%. Jadi biaya yang dibebankan dihitung dengan pertambahan pajak tersebut dan pengguna harus menyetujuinya jika ingin menayangkan ads.

Metode Bayar TikTok Ads Yang Harus Diketahui

Metode Bayar TikTok Ads Yang Harus Diketahui

Ada dua metode pembayaran yang bisa dipilih sebagai cara bayar TikTok Ads oleh pengguna di antaranya :

1. Pembayaran otomatis

Jika pembayaran yang dipilih adalah pembayaran otomatis, maka pengguna mengizinkan aplikasi untuk menagih pembayaran melalui credit card (kartu kredit) atau debit card (kartu debit) yang telah didaftarkan.

Karenanya jika pembayaran menggunakan metode ini, informasi terkait alat penagihan yang diberikan harus lengkap mulai dari nomor kartu, tanggal kadaluarsa, atau pun kode akses. Jika kegagalan penagihan kartu terjadi sebanyak 2 kali maka platform memiliki kuasa penuh dalam menghentikan iklan yang sedang ditayangkan.

Selain menghentikan iklan, platform juga akan menolak pengajuan tayangan iklan yang baru. Jadi jika ingin penagihan otomatis berjalan lancar, pastikan kartu yang terdaftar valid dan cukup untuk membayar.

Informasi tertulis tentang penangguhan penayangan iklan juga akan diberikan sehingga pengguna bisa dengan cepat mengatasi masalah yang terjadi karena platform juga pasti berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk semua pihak.

2. Mekanisme prabayar

Kalau tidak ingin ribet dengan kartu atau tagihan, platform anak muda yang sedang trending ini juga menyediakan cara pembayaran lain yaitu dengan mekanisme prabayar. Ada saldo pada menu akun dan saldo tersebut bisa digunakan beriklan sampai habis.

Jadi pastikan saldo Anda cukup untuk membayar iklan yang ditayangkan. Jika biaya iklan melebihi jumlah saldo yang dimiliki maka pemegang lisensi dapat menolak pengajuan iklan.

Dengan menggunakan mekanisme yang satu ini, keuntungan yang didapatkan pengguna adalah bisa menayangkan iklan sesuai kemampuan pembayaran dan tidak akan mengalami over budget. Bagi UMKM, usaha kecil, atau konten kreator pemula yang ingin memulai ads di TikTok sangat dianjurkan untuk memilih mekanisme pembayaran prabayar ini karena lebih aman, simple dan menguntungkan.

Anda juga bisa mencanangkan saldo untuk bulan selanjutnya sesuai preferensi dan kemampuan sehingga tidak akan mengalami pembengkakan biaya beriklan di sosial media.

Kira – kira itulah bagaimana cara bayar TikTok Ads untuk seller dan konten kreator yang perlu dipahami dan dilakukan jika ingin mengiklankan pendistribusikan konten lewat TikTok. Selamat mencoba dan semoga menjadi informasi yang membawa manfaat ya.

Leave a Comment